Atasi Kekeringan, SUKSES Gagas Listrik Masuk Sawah - SULSELKINI.COM | REFERENSI BERITA TERPERCAYA

Kamis, 19 September 2024

Atasi Kekeringan, SUKSES Gagas Listrik Masuk Sawah

Atasi Kekeringan, SUKSES Gagas Listrik Masuk Sawah


SULSELKINI.COM  SOPPENG - Petani di Soppeng mengalami masa yang sangat sulit ketika musim kemarau datang. Kurangnya pasokan debit air di irigasi memaksa petani tak menanam padi.

Kondisi ini direspon dengan cepat oleh Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Soppeng, H. Suwardi Haseng - Selle KS Dalle (SUKSES). Pasangan ini kemudian melahirkan ide cerdas sebagai solusi mengatasi kondisi itu. "Kita merasakan kondisi petani di Soppeng yang sangat kesulitan dalam musim kemarau seperti sekarang. Debit air kita di irigasi menurun dan cenderung kosong sehingga menganggu pertumbuhan padi dan masa tanam. Kami berdiskusi dengan tim teknis kami dan menemukan solusi tepat yaitu listrik masuk sawah," kata Selle KS Dalle.

Menurutnya, Program Listrik Masuk Sawah akan mendukung program lain dari SUKSES yaitu pompanisasi dengan sistem sumur air dalam di tengah sawah. "Kita merancang Program Pompanisasi dengan Sistem Sumur Air Dalam, dan hanya bisa maksimal dilakukan jika ada energi listrik yang masuk ke tengah sawah. Maka, Pemda Soppeng ke depan akan bekerjasama dengan PLN untuk memastikan adanya aliran energi listrik masuk hingga ke tengah sawah sehingga sumur dalam bisa dibangun," tambah pria berdisiplin ilmu insinyur teknik ini.

Pemerintahan SUKSES berencana membangun  sumur dalam di sejumlah titik pertanian kritis air di Soppeng. Diharapkan strategi itu bisa mengatasi problem kekeringan yang selama ini menghantui petani Soppeng saat musim kemarau. (*)

BERITA TERKAIT

loading...

BERITA TERKAIT LAINNYA

© Copyright 2019 SULSELKINI.COM | REFERENSI BERITA TERPERCAYA | All Right Reserved